Jalur Rawan Longsor dan Macet Diantispasi oleh Pemkab Banyumas

0 Comments »



Pemerintah Kabupaten Banyumas sudah memperispakan pelaksanaan arus mudik lebaran tahun 2008,. Sebab pada tahun-tahun sebelumnya Kabupaten Banyumas merupakan salah satu tujuan terbesar pemudik di Jawa Tengah. Menurut Bupati Banyumas, Marjoko selain mempersiapkan armada yang akan digunakan oleh pemudik pihaknya juga melakukan antisipasi terhadap jalur-jalur rawan kecelakan maupun rawan musibah longsor. Seperti didaerah Kecamatan Lumbir, Wangon maupun Pekuncen, Marjoko mengatakan pihaknya sudah berkordinasi dengan pihak-pihak terkait (dinas Perhubungan, Kepolisian, Bakesbanglimas) dalam antisipasi daerah rawan bencana longsor dan rawan kemacetan terutama didaerah pasar tradisonal yang akan dingunakan para pemudik nanti.
Untuk daerah rawan Longsor Pemkab Banyumas juga menyidikan alat berat pada titik rawan bencana longsor, sehingga diharapkan jika terjadi musibah longsor yang menimpa jalur mudik tidak menganggu dan menimbulkan kemacetan.
Masih menurut Bupati yang terpilih dalam Pilkada tahun 2008 ini, pihaknya dalam mengantisipasi daeran rawan kemacetan dengan cara membuat jalur alternative yang bisa dilalui oleh pemudik, jalur Alternatif itu dinataranya: Dari arah Bumiayu ke pekuncen melalui desa Karangayar, Karangklesem, Candinegara, Cikembulan tembus samapi pertigaan Losari Cilongok, dari arah Cilonggok pengunan jalan bisa langsung menuju Ke-daerah Purwokerto melalui jalur utama. Untuk Arah Kebumen ke Purwokerto melalui Kalibogor, Pekaja, Sakalputung, Jalan menteri Supono, Jalan Sultan Agung dan Jalan Wakhid Hasim. Sementara jalur Alternatif Purwokerto-Cilacap melewati patikraja, Kebasen, dan samapng. Sedangkan unutk penguna jalan yang akan menuju Purbalingga bisa mempergunakan jalur Alternatif Purwokerto Padamara.
Sementara untuk mengatisipasi kemacetan di dalam Kota pada saat jelang maupun sesudah lebaran, terlebih jalurdengan dibukannya jalur overboden Bupati Marjoko mengatakan pihaknya sudah ,melakukan antsipasi dengan menerjunkan dinas Perhubungan dengan dibantu pihak Kepolisi untuk mengatur lalu lintas jalan dalam Kota.

0 Responses to "Jalur Rawan Longsor dan Macet Diantispasi oleh Pemkab Banyumas"

Posting Komentar